Begini Cara Jonan Menerangi 2.500 Desa Tak Berlistrik Sampai 2019

0
328

Meski sudah 71 tahun Indonesia merdeka, masih ada sekitar 2.500 desa di seluruh Indonesia yang sampai hari ini belum berlistrik sehingga gelap gulita di malam hari. Menteri ESDM Ignasius Jonan bertekad membuat 2.500 desa ini terang benderang di 2019.

Ada langkah-langkah yang dilakukan Jonan untuk melistriki 2.500 desa ini. Pertama-tama dilakukan identifikasi terhadap desa-desa yang belum menikmati listrik itu.

Untuk desa-desa berdekatan dengan desa berlistrik, maka akan dilistriki dengan cara memperpanjang jaringan (ekstensi grid) dari desa di dekatnya yang sudah berlistrik. Tidak perlu membangun pembangkit listrik baru, cukup memperluas jaringan distribusi ke desa yang belum berlistrik saja.

“Kita ingin 2019 seluruh desa sudah bisa menikmati listrik. Desa yang berdekatan dengan desa berlistrik, kita ekstensi grid,” kata Jonan dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Sedangkan untuk desa yang tidak berada di dekat desa berlistrik, maka harus dibangun sistem kelistrikan tersendiri. Kalau di desa itu rumah-rumahnya berdekatan, maka akan dibangun pembangkit listrik dan jaringan kecil (minigrid off grid).

Bagi desa yang jauh dari desa berlistrik dan jarak antara rumah yang satu dan lainnya berjauhan, maka akan dilistriki dengan menggunakan solar home system. Sebab, sulit membangun jaringan listrik di daerah seperti ini.

Sumber-sumber energi untuk pembangkit listrik di desa-desa terpencil ini sebisa mungkin memanfaatkan potensi energi lokal. Misalnya bila di desa itu ada sungai, bisa dibuat pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) jika sinar mataharinya cukup kuat.

“Kita akan memanfaatkan berbagai jenis energi yang efektif,” tutup Jonan.

Sumber : detik.com