KEBAKARAN : Mewaspadai Kebakaran Besar & Fatal

0
322

Kebakaran tidak akan pernah punah dari muka bumi, karena ketiga unsur api penyebab kebakaran merupakan bagian dari kehidupan manusia, yaitu oksigen, panas dan bahan terbakar.

Sejumlah kejadian kebakaran besar dan fatal telah terjadi di beberapa tempat, baik di darat, laut, maupun udara. Seperti kebakaran akibat tabrakan pesawat terbang (1977), kebakaran gedung kembar World Trade Centre (2001), kebakaran KMP Tampomas II (1981), kebakaran kereta api di Mesir (2002), dan kebakaran hutan yang masih sering terjadi hingga saat ini Juni 2016

Kejadian kebakaran pesawat terbang di udara akibat tabrakan pesawat KLM 4805 dan Pan Am 1736 dengan korban jiwa terbesar. Tabrakan maut antara dua pesawat jumbo Boeing 747 ini merupakan bencana penerbangan komersial terburuk dalam sejarah. Meski faktor penyebab tragedi ini akibat buruknya penilaian pilot tetapi kecelakaan ini juga bisa ditimpakan kepada teroris yang memang terjadi sebelumnya sebagai awal penerbangan dipindahkan ke bandara lain menyebabkan terjadi peristiwa tabrakan kedua pesawat tersebut. Kejadian tersebut pada tanggal 27 Maret 1977 di Bandara Las Palmas, Kepulauan Canary. Diawali terjadinya ledakan bom teroris di sebuah toko bunga di terminal bandara, sehingga bandara ditutup karena adanya ancaman bom kedua. Seluruh penerbangan dipindahkan ke Bandara Los Rodeo di Tenerife, Kepulauan Canary.

Sumber : majalahkatiga.com