PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk Ditunjuk Salurkan BBM Premium, Solar dan Minyak Tanah

0
408

PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) ditunjuk sebagai pelaksana penugasan penyediaan dan pendistribusian jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu dan jenis BBM khusus penugasan untuk periode tahun depan.

“PT Pertamina dan PT AKR Corporindo Tbk ditetapkan sebagai pelaksana,” ungkap Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Andy Noorsaman Sommeng di Kantor Kementerian ESDM.

Terpilihnya kedua perusahaan tersebut sudah melalui proses seleksi dengan berbagai persyaratan yang berlaku. Akan tetapi, akhirnya Pertamina dan AKR yang dipilih untuk menerima penugasan pemerintah.

Adapun besaran volume untuk kedua badan usaha adalah Pertamina sebesar 16,3 juta kiloliter (kl) dengan masing-masing solar sebesar 15,7 juta kl dan minyak 610.000 kl.

BBM akan didistribusikan Pertamina melalui 723 penyalur. Di mana yang sudah ada adalah 628 penyalur dan sisanya merupakan penyalur baru atau tengah dalam progres.

Sementara AKR mendapatkan kuota 300.000 kl untuk jenis solar. AKR memiliki 142 total penyalur, di mana 137 sudah tersedia.

“Jadi ada 5 penyalur baru, on progress,” sebut Andy.

Pertamina juga mendapat penugasan untuk mendistribusikan premium 12,5 juta kl, kecuali Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

“Penugasan Premium untuk di luar Jamali,” jelas Andy.